Setting Jaht sebagai Access Point (AP Bridge)

Sabtu, 13 Juni 2009

Default setting JAHT WP-4001BR dari pabriknya adalah seperti berikut ini:
1. username dan password default adalah username: admin dengan password:1234
2. IP default adalah 192.168.2.1 dengan netmask 255.255.255.0

Seperti biasa, maka kita harus memasukkan IP bantuan di PC untuk bisa mensetting Jaht, via kabel LAN.

Terlihat diatas tampilan pertama kali dari JAHT WP-4001BR, simple sekali dan terlihat 3 informasi utama yaitu System, Wireless Configuration dan LAN configuration.

Wireless COnfiguration JAHT
kita harus merubah Wireless Configurationnya untuk mengganti ESSID, sehingga klien dapat mengetahui keberadaan AP ini. Gunakan nama ESSID sesuai dengan keinginan. Gunakan Band kelas B saja untuk mendapatkan jangkauan yang lebih jauh jika dibandingkan dengan menggunakan mix band (gabungan B+G) atau jika hanya band G saja.

Untuk merubah password dan IP, kita masuk ke System Utiliy, karena harus sesuai dengan IP jaringan dimana AP ini akan bekerja.

System Utility JAHT
Setelah merubah IP dan password, maka pastikan kita mengganti IP bantuan di PC/Laptop kita, lalu memanggil Jaht via browser menggunakan IP yang dan password yang baru. Untuk IP di tempat client, tentunya bukan berasal dari IP yang sama dengan IP Jaht, kecuali hanya untuk meremote Jaht. Jaht akan otomatis menghubungkan client dengan system wireles yang ada pada client, dengan security ataupun tidak. Namun untuk aktifitas data/internet, maka IP yang diberikan kepada client adalah IP dari router yang masuk ke radio Jaht (wireless Bridge).

IP JAHT
Selesai sudah setting JAHT WP-4001BR sebagai Access Point. JAHT siap dinaikkan ke tower dan siap melayani request dari klien. Untuk daya jangkau tentunya semua bergantung pada lingkungan masing-masing dan topologi dimana AP ini didirikan. Juga tentunya menggunakan eksternal antenna seperti antena omni directional hyperlink 15db, atau grid 2,4 15 db yang terntunya akan berbeda jangkauan coveragenya jika dibandingkan antena bawaan Jaht.

Selamat mencoba!!

0 komentar: